Semeru Puncak Mahameru 24-29 Sept 2009

18 01 2010

3.676 mdpl… Tawa dan Tangis Melebur Dalam Beku Hamparan Pasirnya

Mungkin inilah salah satu surganya para pendaki dan petualang…sungguh mengagumkan, tak henti-hentinya kami mengagumi ciptaan Tuhan YME… Keindahan yang tak pernah dapat di nilai dengan apapun.Jip  dari Tumpang ke RanuPane

Perjalanan kali ini mungkin salah satu perjalanan pendakian kami yang paling berkesan, selain membutuhkan perjuangan yang cukup berat untuk bisa terlaksana, persiapan yang kami lakukan juga cukup panjang. Berangkat dari Semarang dengan kereta malam menuju Malang berdesakan dengan para pemudik lebaran (maklum perjalanan kali ini masih dalam suasana hari raya Idul Fitri) selama 9 jam lebih kami menaiki sang roda besi melaju membelah ladang dan persawahan, melintasi berbagai kota hingga sampai di kota Malang untuk berikutnya melanjutkan menuju BaseCamp pendakian Semeru di Ranupane. Dari Stasiun Malang kami naik angkot menuju Pasar Tumpang kemudian berganti dengan kendaraan Jip untuk menuju ke RanuPane. Malam telah menjelang ketika tim sampai di RanuPane. Untuk mengisi kembali tenaga yang telah terkuras untuk perjalanan menuju ke BaseCamp, kami beristirahat semalam di RanuPane sebelum melanjutkan perjalanan menuju Mahameru keesokan harinya. Malam di RanuPane terasa cukup menyenangkan, banyak teman pendaki dari berbagai kota berkumpul di sini. Saling berkenalan dan bercengkerama cukup mengobati kelelahan mental kami.BaseCamp Ranu Pane

Pagi-pagi sekali kami bangun, lantas tanpa bermalas-malas kami langsung melakukan persiapan untuk tracking, mempersiapkan fisik dengan sarapan dan sedikit pemanasan serta peregangan otot dirasa sudah cukup.

Ranu Kumbolo

Perjalanan hari ini sebenarnya kami targetkan hanya sampai di Ranu Kumbolo untuk beristirahat dan mendirikan Camp untuk semalam, tapi karena waktu yang dirasa masih cukup panjang, akhirnya kami memutuskan untuk terus melanjutkan perjalanan dengan target Kalimati dan mendirikan camp disana. Berang kat dari RanuPane sekitar pukul 08.00 WIB, sampai di Ranu Kumbolo sekitar pukul 12.30 WIB. Beristirahat sebentar di Ranu Kumbolo untuk makan siang, lantas melanjutkan perjalanan menuju Kalimati, dansampai di Kalimati sekitar pukul 16.30 WIB. Kami mendirikan tenda dan beristirahat di Kalimati.

Pukul 23.00 kami bangun untuk persiapan sebelum melanjutkan perjalanan menuju ke puncak Mahameru. Medan yang akan kami hadapi nanti jauh lebih berat dari medan sebelumnya. Selain kondisi tanah yang berpasir, yang akan sangat labil ketika di injak, juga medan menanjak yang sangat curam akan menghadang kami nantinya. oleh karena itu persiapan kali ini harus lebih baik dari sebelumnya. Sebagian besar barang kami tinggalkan, karena akan terasa sangat lenih berat jika semua barang kami bawa, selain itu barang-barang tersebut mungkin akan kurang berfungsi seara maksimal. Jadi kami hanya membawa barang-barang seperlunya saja, diantaranya adalah logistik dan persediaan air minum secukupnya untuk seluruh tim, tali pengaman untuk persiapan pengamanan, paket P3K, dan perlengkapan lain yang dibutuhkan.

Sekitar pukul 24.00 WIB persiapan sudah selesai kami lakukan, termasuk mengisi perut untuk persiapan energi. Dirasa sudah cukup, akhirnya kami berangkat menuju ke puncak Mahameru, tentu saja di awali dengan doa bersama supaya perjalanan kami diberi keselamatan dan kesuksesan oleh Tuhan YME. awal perjalanan sudah mulai terasa berat. fisik kami telah terkuras pada hari sebelumnya. tapi lagi-lagi, semangat membara untuk bisa mencapai puncak selalu mengalahkan kondisi fisik yangasudah mulai drop. dengan perjuangan yang cukup berat melewati hutan cemara untuk menuju ke daerah batas vegetasi, yang biasa disebut Arcapada, lalu mulai melintasi jalur pasir yang sangat curam, yang biasa dikenal dengan tanjakan 5-2, artinya maju 5 langkah melorot 2 langkah.

Tanjakan 5-2

Dengan segala peluh dan airmata yang bercucuran akhirnya seluruh tim berhasil menapaki puncak tertinggi di pulau jawa. kami semua bahagia, sekaligus terharu, meskipun tidak dapat berlama-lama dipuncak, karena kami agak terlambat sampai di puncak, sekitar pukul 10.15 WIB. Padahal aturan pukul 10.00 WIB semua pendaki harus sudah meninggalkan puncak, karena arah angin yang berubah dan membawa resiko gas beracun dari kawah mahameru. Kami cukup menikmati kepuasan yang luar biasa ketika berada di puncak mahameru, ditandai dengan mengabadikan keberadaan kami di titik tertinggi di pulau jawa dengan berfoto bersama.

Puncak Mahameru

Tim Pendakian Semeru Swapala-Kalijaga :

1. Henry Be-Es (loopdreamer)

2. Surya Leon

3. Suko Widjaksono (Sony / Mas Udin)

4. Sholihah

5. Rikha Puspita

Beberapa Hasil Dokumentasi yang lain

Ranu Pane

Bersama Pendaki dari Inggris

Bersama pendaki dari Perancis

Menuju Kalimati

Bersama Soe Hok Gie di Puncak Mahameru

Puncak Mahameru

Tulisan berikutnya : Tentang Gunung Semeru


Actions

Information

4 responses

22 01 2011
mr coplac/laskar mpu supo club

salam kenal broww,,,
kami dari laskar mpu supo club pati, jadi kangen nech sama puncak semeru, udah 2 thn vakum dari kegiatan mendaki nech gan, maklum karena rutinitassehari2 jadi sekarang rada2 sulit mengumpulkan anak2 untuk di azak naik ke puncak, padahal kangen banget nech, palagi sama semeru,,,,

6 05 2010
gie arek adventure

mantaaaaap bossss…
suer jadi pngen……

19 01 2010
loopdreamer

Lho2… kok kenal aku… malah tau nama lengkapku… siapakah gerangan dirimu kawan??? btw thanks ya komentarnya…

19 01 2010
Super son

Mantabs Bos, ko anggotamu nggk ada yg kukenal cm kamu aja Hendry Bella Setiawan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: