Brown Canyon ; Sisa Keindahan di Balik Kengerian Alat Berat

4 02 2015

brown canyon

Mendengar kata “Brown Canyon” seketika kita akan teringat sebuah tempat di Amerika Serikat yang sangat terkenal di seluruh dunia yaitu Grand Canyon. Grand Canyon adalah sebuah ngarai besar yang terdiri dari bukit-bukit tebing terjal yang terukir secara alami oleh sungai Colorado selama jutaan tahun. Grand Canyon berada di Negara bagian Arizona, Amerika Serikat, merupakan satu dari Tujuh Keajaiban Dunia dan sebagian besar berada di Taman Nasional Grand Canyon, salah satu taman nasional pertama di Amerika Serikat. Lantas apakah Brown Canyon itu? Brown Canyon merupakan sebuah lokasi di pinggiran Kabupaten Demak, berbatasan langsung dengan Kota Semarang, di koordinat 7°03’24.3″LS 110°29’14.9″BT, dimana lokasi ini memiliki struktur yang mirip dengan Grand Canyon di Amerika. Brown Canyon memiliki beberapa tebing yang mirip dengan ngarai yang berada di Grand Canyon, Amerika. Brown Canyon memiliki pesona landscape yang sangat indah. Tebing-tebing ngarai di tempat ini didominasi oleh tanah batu padas yang  memiliki keunikan dan bentuk yang unik. Lokasi ini sekarang menjadi salah satu surga bagi penggemar fotografi. Hampir setiap hari orang mengunjungi lokasi ini, baik sekedar untuk menikmati pemandangan, bercengkrama, maupun untuk hunting foto.

Brown Canyon

Terbentuknya Brown Canyon
Beberapa tahun yang lalu memang kita tidak mengenal Brown Canyon. Bahkan lokasi ini baru dikenal masyarakat umum tidak lebih dari 3 tahun yang lalu. Hal itu memang wajar, karena Brown Canyon tidak terbentuk secara alami dengan proses selama ratusan bahkan jutaan tahun seperti Grand Canyon di Amerika Serikat. Brown Canyon merupakan hasil karya tangan manusia melalui alat berat selama kurang lebih sepuluh tahun terakhir. Lokasi ini sebetulnya merupakan area tambang galian C yang tanahnya dimanfaatkan untuk pembangunan. Apakah Galian C itu? Galian C adalah bahan tambang yang biasanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Baik bangunan pribadi, swasta maupun pemerintah. Salah satu contoh kongkrit galian C yang berasal dari perbukitan adalah Batu, Padas, Tanah, serta pasir. Menurut UU No.11 Tahun 1967, bahan tambang tergolong menjadi 3 jenis, yakni Golongan A (yang disebut sebagai bahan strategis), Golongan B (bahan vital), dan Golongan C (bahan tidak strategis dan tidak vital). Peraturan Pemerintah Nomer 27 Tahun 1980 menjelaskan secara rinci bahan-bahan galian apa saja yang termasuk dalam gologan A, B dan C. Bahan Golongan A merupakan barang yang penting bagi pertahanan, keamanan dan strategis untuk menjamin perekonomian negara dan sebagian besar hanya diizinkan untuk dimiliki oleh pihak pemerintah, contohnya minyak, uranium dan plutonium. Sementara, Bahan Golongan B dapat menjamin hidup orang banyak, contohnya emas, perak, besi dan tembaga. Bahan Golongan C adalah bahan yang tidak dianggap langsung mempengaruhi hayat hidup orang banyak, contohnya garam, pasir, marmer, batu kapur, tanah liat dan asbes (Wikipedia). Bagi yang berhubungan langsung dengan lokasi, seperti desa, maka biasanya pihak pengelola memberikan kesempatan kepada masyarakat desa sekitar untuk mencari nafkah dengan berkerja sebagai pekerja kasar “pengumpul batu” di tambang galian C tersebut.

Brown Canyon
Brown Canyon memang memiliki pesona keindahan yang luar biasa, tetapi tempat ini juga menyimpan cerita miris yakni penggerusan tanah yang terjadi secara terus menerus, yang tentu saja akan mempengaruhi ekosistem. Terlepas dari manfaat yang bisa didapatkan oleh masyarakat. Tidak menutup kemungkinan, beberapa tahun ke depan tebing-tebing di lokasi ini akan runtuh atau habis dikeruk oleh alat-alat berat yang setiap hari menghancurkan struktur tanah dan batu di sini. Maka mumpung saat ini masih ada dan masih terlihat indah, sebaiknya kita menyempatkan untuk berkunjung, melihat dan mengabadikan keindahannya sebelum nanti akan musnah. Brown Canyon.. Sisa keindahan di balik kekejaman alat berat.

Brown Canyon

Sunset di Brown Canyon

Brown Canyon

Sunset di Brown Canyon


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: