Sekilas Tentang Munas I Komunitas Pendaki Gunung (KPG)

21 05 2015

Logo KPG

Di dalam sebuah komunitas/organisasi, dibutuhkan sebuah koordinasi yang rapi, intens dan terarah. Tujuannya tidak lain adalah supaya lebih mudah dalam pelaksanaan program kerja serta supaya bisa lebih saling memahami antar personil yang menjalankan komunitas tersebut. Komunitas/organisasi memiliki banyak sekali bentuk/format beserta ciri khas, sistem dan budayanya. Dalam tulisan ini saya sengaja tidak membedakan istilah antara komunitas dan organisasi, karena menurut saya kedua istilah tersebut memiliki makna luas yang sama. Musyawarah umum adalah salah satu bentuk koordinasi menyeluruh dalam sebuah organisasi yang dapat berfungsi untuk menyatukan visi dan misi antar penggeraknya serta bertujuan untuk menyelaraskan pemikiran antar penggeraknya. Untuk sebuah organisasi berskala besar seperti skala nasional biasa disebut sebagai MUNAS (Musyawarah Nasional).

Komunitas Pendaki Gunung (KPG) merupakan salah satu komunitas yang berawal dari sebuah grup dunia maya media sosial facebook yang kini sedang dalam proses transformasi menjadi sebuah komunitas dunia nyata. Dalam prosesnya, selama setahun lebih KPG telah memulai pergerakan transformasi tersebut dengan bentuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan nyata, baik dalam bidang petualangan, konservasi, dan sosial. Selama proses awal tersebut telah mulai bermunculan regional-regional yang memiliki kepengurusan dan koordinasi sendiri dari berbagai kota dan provinsi di Indonesia. Hingga saat ini telah tercatat ada 13 Regional yang telah terbentuk, antara lain : Jabodetabek, Semarang, Karawang, Garut, Bandung, Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan), Barlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen), Solo Raya, Yogyakarta, Jepara, Pati, Malang Raya, dan Sulawesi Utara serta Koordinasi Wilayah (Korwil) di bawah regiolal yaitu Korwil Kendal (dibawah koordinasi Regional Semarang), Korwil Tangerang, Bogor dan Kab. Bekasi (di bawah koordinasi Regional Jabodetabek) dan Korwil Kudus (di bawah koordinasi Regional Jepara). Tetapi hingga setahun lebih belum terbentuk suatu koordinasi nasional berupa kepengurusan nasional yang berfungsi untuk mengkoordinir seluruh regional dan untuk melakukan kegiatan-kegiatan dengan skala nasional. Untuk sementara koordinasi secara menyeluruh masih di bawah kendali admin grup facebook.

Merujuk pada kondisi di atas, maka tercetus sebuah gagasan untuk diadakan Musyawarah Nasional yang harus dihadiri seluruh regional atau sebagian besar regional yang bertujuan untuk membentuk kepengurusan pusat serta untuk merumuskan AD/ART yang nantinya akan berfungsi sebagai aturan umum Komunitas Pendaki Gunung yang bisa mewadahi kebutuhan dari seluruh regional yang ada, serta sebagai petunjuk umum untuk pembentukan regional-regional baru di masa mendatang. Munas yang pertama dilaksanakan pada tanggal 15-17 Mei 2015 di Jepara dan Rekan-rekan dari Jawa Tengah (Jepara, Semarang dan sekitarnya) bertugas sebagai panitia pelaksana kegiatan Munas yang pertama ini.

Suasana Munas KPG

Munas KPG

Dalam sebuah Komunitas/organisasi, kegiatan Musyawarah Umum yang pertama pasti akan memiliki beban lebih berat. Karena banyak hal pertama yang akan dicetuskan dalam kegiatan tersebut. Demikian pula dengan Komunitas Pendaki Gunung (KPG), Munas pertama memiliki misi besar untuk merumuskan AD/ART yang sebelumnya belum ada serta menyusun kepengurusan pertama yang sebelumnya juga belum ada. Pembahasan AD/ART dimulai sejak hari sabtu, 16 Mei 2015 jam 13.00 dan berakhir pada hari minggu, 17 Mei 2015 jam 00.30 secara marathon dan dilanjutkan pemilihan Ketua dan pengurus pusat hingga secara keseluruhan berakhir pada hari minggu, 17 Mei 2015 jam 04.30. Segala ide, pemikiran dituangkan bersama dalam pembahasan tersebut. Hingga tidak jarang terjadi saling sanggah, debat dan bahkan kebuntuan untuk mendapatkan kesepakatan dan diharuskan untuk melakukan lobi-lobi supaya dapat menyatukan semua pemikiran yang ada. Semua itu terjadi karena satu misi, seluruh peserta yang mengikuti munas memiliki tujuan yang sama yaitu membangun KPG menjadi sebuah komunitas yang berpondasi kokoh, mapan, memiliki sistem dan budaya yang baik serta dapat memiliki kontribusi yang besar terhadap Indonesia di masa depan nanti.

Suasana Munas KPG

Munas KPG

Tonggak sejarah telah ditancapkan. Komunitas Pendaki Gunung (KPG) kini telah semakin kokoh dengan ditandai telah selesainya perumusan AD/ART dan telah disepakati bersama pada tanggal 17 Mei 2015 jam 00.30. Segala perbedaan dari setiap regional telah disatukan dan semua keinginan telah diselaraskan. Semoga dengan telah terlaksananya Musyawarah Nasional Komunitas Pendaki Gunung (KPG) yang pertama ini bisa semakin mengokohkan pondasi keorganisasian dalam Komunitas ini, dapat mewadahi aspirasi dari seluruh member serta dapat menjadi petunjuk dalam pelaksanaan kegiatan dan program kerja baik untuk regional maupun skala nasional. Selamat telah terpilihnya saudara Nanda Afrilian menjadi Ketua Umum KPG pusat. Semoga amanah jabatan yang diterima bisa dilaksanakan dengan baik dan bisa membawa Komunitas Pendaki Gunung ini menjadi semakin besar dan kokoh. Mengenai informasi detail mengenai hasil munas akan disampaikan oleh pengurus pusat nantinya di grup induk facebook Komunitas Pendaki Gunung.

Penandatanganan AD/ART oleh Presidium Sidang Munas KPG

Penandatanganan AD/ART oleh Presidium Sidang Munas KPG

Penandatanganan AD/ART oleh Presidium Sidang Munas KPG

Penandatanganan AD/ART oleh Presidium Sidang Munas KPG

Pengesahan AD/ART KPG

Pengesahan AD/ART KPG

AD/ART KPG

AD/ART KPG

Peserta Munas KPG pose seusai upacara penutupan

Peserta Munas KPG pose seusai upacara penutupan

Tiga serangkai perintis KPG sekaligus admin Grup facebook KPG

Tiga serangkai perintis KPG sekaligus admin Grup facebook KPG


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: